Ujian Tesis Mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi Hindu UHN I Gusti Bagus Sugriwa: Ida Bagus Ngurah Tri Pramana Teliti Komunikasi Mitigasi Bencana Berbasis Local Wisdom di Program Kentongan RRI Denpasar

Ida Bagus Ngurah Tri Pramana, dengan judul penelitiannya yang menarik, "Komunikasi Mitigasi Bencana berbasis Local Wisdom Dalam program Kentongan RRI Denpasar"-Tupasca(nia/ebi)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Denpasar-Pascasarjana, Pada tanggal 20 Mei 2024, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar kembali menjadi saksi dari kegiatan penting dalam dunia akademis, yakni ujian tesis dari mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi Hindu. Salah satu mahasiswa yang mengikuti ujian tersebut adalah Ida Bagus Ngurah Tri Pramana, dengan judul penelitiannya yang menarik, “Komunikasi Mitigasi Bencana berbasis Local Wisdom Dalam program Kentongan RRI Denpasar”.

Ujian tesis ini berlangsung dengan format standar, dimulai dengan pemaparan hasil penelitian oleh mahasiswa selama 15 menit. Ida Bagus Ngurah Tri Pramana memaparkan secara terperinci tentang bagaimana komunikasi mitigasi bencana berbasis local wisdom diimplementasikan dalam program Kentongan RRI Denpasar. Penelitian ini merupakan upaya untuk memahami bagaimana kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam upaya mitigasi bencana, khususnya di wilayah Bali yang rawan akan bencana alam.

Setelah pemaparan selesai, ujian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan penguji. Dewan penguji yang hadir dalam ujian ini terdiri dari Prof. Dr. I Nyoman Yoga Segara, S.Ag., M.Hum selaku pembimbing satu, didampingi oleh Dr. Drs. I Wayan Wastawa, MA sebagai pembimbing dua. Selain itu, turut hadir pula Dr. Drs. I Nyoman Ananda, M.Ag dan Dr. I Nyoman Alit Putrawan, S.Ag., M.Fil.H sebagai dewan penguji lainnya. Mereka memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mendalam untuk menguji pemahaman dan analisis mahasiswa terhadap materi penelitiannya.

Ida Bagus Ngurah Tri Pramana menjawab setiap pertanyaan dengan cermat dan memberikan penjelasan yang memuaskan. Ia mampu menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang konsep local wisdom dan bagaimana mengaplikasikannya dalam konteks mitigasi bencana. Para penguji memberikan apresiasi atas keberanian dan kesungguhan Ida Bagus Ngurah Tri Pramana dalam mengeksplorasi topik yang penting dan relevan bagi masyarakat Bali.

Setelah sesi tanya jawab selesai, dewan penguji mengadakan rapat tertutup untuk menentukan hasil ujian. Setelah beberapa waktu, hasil keputusan diumumkan: Ida Bagus Ngurah Tri Pramana berhasil lulus ujian tesis dengan hasil yang memuaskan. Prestasi ini tidak hanya menjadi pencapaian pribadi bagi Ida Bagus Ngurah Tri Pramana, tetapi juga menjadi sumbangan berharga dalam peningkatan pemahaman dan praktik mitigasi bencana di Bali.

Dengan lulusnya ujian tesis ini, Ida Bagus Ngurah Tri Pramana diharapkan dapat terus mengembangkan pengetahuannya dalam bidang mitigasi bencana dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Bali. Semangatnya dalam mengeksplorasi kearifan lokal sebagai sarana mitigasi bencana merupakan contoh yang menginspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus mengeksplorasi dan menerapkan pengetahuan mereka untuk kemaslahatan bersama.

Ucapan selamat dan apresiasi yang tulus disampaikan kepada Ida Bagus Ngurah Tri Pramana atas keberhasilannya dalam menyelesaikan ujian tesis ini. Semoga langkahnya selanjutnya akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan.-Tupasca(nia/ebi)