PUTU EKA SURA ADNYANA PEROLEH PREDIKAT “DENGAN PUJIAN” PADA PROMOSI DOKTOR PASCASARJANA UHN IGB SUGRIWA DENPASAR

Ujian Terbuka Eka Sura Adnyana

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

DENPASAR-PASCASARJANA UHN SUGRIWA,  Di penghujung bulan Juli Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar kembali menggelar Sidang Terbuka Promosi Doktor dengan menghadirkan promovendus Putu Eka Sura Adnyana.

Promovendus yang masih tergolong muda ini memaparkan penelitiannya dihadapan dewan penguji yaitu :Prof. Dr. I Nyoman Suarka, M.Hum., Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si., Prof. Dr. I Wayan Sukayasa, M.Si., Dr. I Nyoman Ananda, M.Ag., Dr. Ida Bagus Gede Candrawan, M.Ag.,  Dr. I Made Dian Saputra, S.S., M.Si., Dr. I Ketut Gunarta, S.Ag., M.Ag.

Disertasi Berjudul : “Bahasa Sanskerta dalam Lontar Bhuwana Sangksepa  Kajian Teologi Hindu” ini dipaparkan secara lugas dan lancar, dikatakan bahwa: Lontar Bhuwana Sangksepa merupakan salah satu jenis karya sastra jawa kuno, yang terdiri dari 128 sloka Bahasa Sanskerta yang ulasannya menggunakan Bahasa Jawa Kuno/ Kawi. Lontar Bhuwana Sangksepa sebagai salah satu lontar yang memuat ajaran Siwatattwa yang disajikan dalam bentuk dialog antara Bhatara Siwa dengan bhatari uma dan bhatara kumara.

Bahasa sanskerta adalah Bahasa teologis Hindu yang digunakan sebagai pintu gerbang dalam memahami ajaran agama Hindu, merupakan Bahasa yang erat kaitannya dengan persoalan ajaran Brahma Widya yang meliputi Teologi dan Filsafat Hindu. Pelaksanaan hidup beragama Hindu di Bali adalah realisasi dari ajaran Siwasidhanta.

Salah satu sumber ajaran tattwa agama Hindu di Bali adalah Lontar Bhuwana Sangksepa. Ajaran agama Hindu dibangun dalam tiga kerangka dasar agama Hindu yaitu tatwa, Susila, dan acara. Ketiganya adalah satu kesatuan integral yang tak terpisahkan serta mendasari aktifitas keagamaan umat Hindu.

Sidang yang dipimpin oleh Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati, M.Ag. yang juga direktur pascasarjana berjalan dengan baik dan lancar, Satu-Persatu pertanyaan dan sanggahan dari Dewan Penguji berhasil dijawab oleh promovendus secara cepat, tepat dan lugas sehingga mampu mengantarkan promovendus yang merupakan Dosen Tidak Tetap di UHN I Gusti Bagus Sugriwa ini meraih gelar Doktor Ke – 131 dengan Predikat “Pujian” / Cumlaude.

Di penghujung acara Ujian Terbuka Ini Dr. Putu Eka Sura Adnyana,S.Ag.,S.S.,M.Ag.,M.Hum menerima ucapan selamat dari  civitas akademika, keluarga beserta seluruh tamu undangan atas  raihan gelar doctor yang baru dicapai.

(nia)

Pusdok-Humas-UhnSugriwa