TELITI PEMANFAATAN TOL LAUT DALAM MENUNJANG KUALITAS HIDUP UMAT HINDU DI KAWASAN BENOA, I NYOMAN SUTEDJA RAIH GELAR DOKTOR

Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Agama I Nyoman Sutedja

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

DENPASAR-PASCASARJANA, Pelabuhan Benoa Bali Denpasar sangat strategis untuk dijadikan jalur tol laut karena terletak diantara dua Benoa yaitu Benoa Asia dan Benoa Australia dan dua Samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra India, karenanya Tol Laut ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan Kualitas Hidup dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kawasan Pelabuhan Benoa Denpasar yang berdampak terhadap perkembangan pada bidang ekonomi, pariwisata, perdagangan nasional maupun internasional. Di Pelabuhan Benoa Bali, mempunyai banyak implikasi baik implikasi religious, ekonomi, social budaya dan lingkungan. Dalam implikasi religious terdapat kepercayaan bahwa menurut umat hindu, wilayah laut dikuasai oleh Dewa Baruna sehingga para pengelola membangun Pura Segara sebagai tempat pemujaan Dewa Baruna untuk memohon keselamatan. Secara social budaya pemanfaatan tol laut dalam pengelolaannya tidak terlepas dari ajaran Sad Kertih untuk menjaga keseimbangan  alam dan manusia yang berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.

Pemaparan tersebut disampaikan oleh I Nyoman Sutedja pada Kegiatan Ujian Terbuka Promosi Doktor Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar pada Senin, 7 Agustus 2023 bertempat di Gedung Pascasarjana Jln.Kenyeri No 57 Denpasar.

Ujian Terbuka dilaksanakan secara daring dan luring. Dewan penguji yang hadir secara luring diantaranya : Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana., M.Si. (Promotor), Dr. Drs. I Wayan Wastawa., M.A. (Kopromotor), Prof. Dr. Ida Bagus Raka Suardana, S.E., M.M., Dr. Made Sri Putri Purnamawati, S.Ag., M.A., M.Erg., Dr. I Nyoman Alit Putrawan, S.Ag., M.Fil.H., dan Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati., M.Ag. yang merupakan Direktur Pascasarjana sekaligus Ketua Sidang. Dan Dewan Penguji yang hadir secara luring yakni : Prof. Dr. I Wayan Ramantha, S.E., M.M., Ak., CPA., Dr. Drs. I Nyoman Ananda, M.Ag., serta Dr. I Gede Sutarya, SST, Par, M.Ag.

Pada Ujian Terbuka ini Promovendus mampu mempertahankan hasil penelitiannya dengan baik, sehingga berhak memperoleh gelar doktor  dengan Predikat “Sangat Memuaskan” dan merupakan Doktor ke-132.

Menutup agenda ujian terbuka, seluruh civitas akademika memberikan ucapan selamat kepada Dr. I Nyoman Sutedja, M.Mar. atas keberhasilan yang baru diraih dan diharapkan penelitianNya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya umat Hindu di Kawasan Pelabuhan Benoa Denpasar.(nia)

Pusdok-Humas-UhnSugriwa