DEWA KETUT SUJATHA  RAIH GELAR DOKTOR  KE-130 PADA PASCASARJANA UNIVERSITAS HINDU NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Ujian Terbuka An. Dewa Ketut Sujata

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

DENPASAR-UHN SUGRIWA, Selasa 25 Juli 2023, Program Doktor (S3) Ilmu Agama Pascasarjana Universitas Hindu Negeri UHN IGB Sugriwa Denpasar menyelenggarakan Ujian Terbuka Promosi  Doktor dengan Promovendus Dewa Ketut Sujatha dengan  Disertasi  berjudul: Dinamika Upacara Ngaben Trah Ida Dhalem Sri Aji Tegal Besung Banjar Jadi Babakan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan.

Kegiatan Ujian Terbuka ini berlangsung di Auditorium Pascasarjana Jl. Kenyeri No. 57 Denpasar. Ujian Terbuka  dipimpin oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati yang juga sekaligus sebagai Ketua Sidang.

Adapun Dewan Penguji pada ujian terbuka ini diantaranya Promotor Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si.; Dr. Drs. I Wayan Wastawa, M.A; Prof. Dr. Drs. I Nengah Lestawi, M.Si.; Dr. Drs. Ida Bagus Gede Candrawan, M.Ag.; Prof. Dr. Drs. Ketut Semadi, M.Par.; Dr. Drs. I Ketut Tanu, M.Si.; Prof. Dr. I Nyoman Sueca, S.Ag., M.Pd.; Dr. Dra. Ida Ayu Tary Puspa, S.Ag., M.Pd.

Promovendus yang memiliki banyak prestasi dan bergabung pada beberapa organisasi ini memaparkan bahwa : Penelitian yang dipaparkan terdiri dari 3 bagian yakni : Persepsi Trah, Dinamika Prosesi Upacara Ngaben, dan Implikasi Upacara.

Pada dinamika prosesi upacara ngaben terbagi menjadi 2 (dua) yaitu dinamika internal (bidang tatwa dan bidang susila) serta bidang eksternal ( bidang acara).

Pada dinamika internal (bidang tatwa dan bidang Susila) maksudnya adalah dinamika yang disebabkan oleh faktor internal seperti faktor manusia yang melaksanakan pengabenan serta faktor ekonomi atau finansial. Sedangkan pada faktor eksternal ( bidang acara) merupakan penunjang dari faktor internal yakni uparengga atau sarana dan prasarana.

Di penghujung acara promovendus menerima ucapan selamat dari  Rektor, Direktur beserta seluruh jajaran, serta para undangan dan keluarga tercinta atas raihan yang telah dicapai.

Pemberian ucapan selamat ini menghiasi suasana sekaligus mengakhiri kegiatan ujian terbuka.

(nia)

Pusdok-Humas-Uhnsugriwa