DOKTOR KE-125 UHN SUGRIWA MENJAWAB MENGAPA DALAM TEOLOGI HINDU, TUHAN MEMILIKI BANYAK NAMA

Ujian Terbuka Promovendus Ravinjay Kuckreja

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

DENPASAR-PASCASARJANA UHN SUGRIWA Badan Perwakilan Pascasarjana Universitas  Hindu  Negeri  I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Senin 12/6/2023 menggelar Sidang Terbuka dalam  rangka Ujian  Promosi  Doktor  dengan Promovendus Ravinjay Kuckreja.

Bertempat di Gedung Pascasarjana Jln.Kenyeri No. 57 Denpasar, Promovendus memaparkan subyek penelitian yang berjudul “Penyatuan Tuhan Dalam Diversifikasi Agama Hindu”, yang merupakan karya konstruktif teologi berdasarkan 18 teks kitab suci. Penelitian ini berusaha untuk menjawab mengapa agama Hindu memuja banyak Tuhan. Pemaparan bahwa Hindu mengasimilasi Tuhan lokal, lalu konsep divinitas lokal diakomodasikan dengan teologi yang inklusif, dan akhirnya pada tahap ekuilibrasi, menyatukan Tuhan tersebut dengan konsep Brahman yang tunggal. Disertasi ini berbasis penelitian perpustakaan, yang mempelajari teks-teks seperti Purvaka Bhumi, Lebur Gansa, Agni Purana, Visnu Purana, Surya Upanisad dan Taittiriya Upanisad, dari tradisi Saiva, Vaisnava dan Smarta. Penelitian ini menghasilkan teori baru “eka-aneka-tattva”, teori bagaimana dan mengapa Tuhan yang satu (eka) berekspansi menjadi banyak (aneka), dan sebaliknya. Penelitian promavendus dapat juga diaplikasikan untuk mengakomodir budaya-budaya Nusantara yang ingin kembali menjadi bagian dari Agama Hindu Dharma.

Selain sibuk dengan studinya, Ravinjay yang lahir di Singapura pada 16/01/1996, juga bekerja di bidang komunikasi untuk perusahaan fashion dan alat musik. Dari yang biasanya sering membuat konten TikTok tentang agama, kali ini promovendus mempertahankan penelitiannya di hadapan Dewan Penguji yang terdiri dari: Prof. Dr. I Nyoma Yoga Segara, S.Ag., M.Hum (Promotor); Dr. Drs. I Nyoman Ananda, M.Ag (Ko-Promotor); Prof. Dr. Drs I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si; Prof. Dr. Drs. Ketut Sumadi, M.Par; Prof. Dr. I Made Surada, M.A.; Prof.Dr. I Dewa Komang Tantra., M.Sc; Dr.Drs. I Made Sugata., M.Ag,  Dr. Dra.Ni Nyoman Perni., M.Pd. dan Prof. Dr. Dra. Relin D.E., M.Ag; yang juga merupakan direktur pascasarjana.

Berumur 27 tahun, Ravinjay sudah menetap di Bali sejak 2012, menempuh Pendidikan pada Jenjang   S1 tentang Ilmu Agama di Belgia dan Pascasarjana S2 mengenai Marketing di Spanyol. Promovendus yang berasal dari Jakarta Pusat ini meraih gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan dan merupakan Doktor ke-125 dari UHN Sugriwa.(nia)