Pada tanggal 6 Mei 2024, Program Magister Ilmu Komunikasi Hindu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menyelenggarakan ujian seminar hasil penelitian yang dihadiri oleh mahasiswa Ni Putu Nindia Dewanti Suryantari. Dalam ujian tersebut, Ni Putu Nindia Dewanti Suryantari memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Penggunaan Media Komunikasi Visual Dalam Penerangan Metode Pembelajaran Di SMA TP 45 Denpasar”. Ujian ini merupakan momen penting bagi mahasiswa untuk mempresentasikan temuan dan analisis mereka terhadap topik yang telah dipilih.
Dalam sesi pemaparan yang berlangsung selama 15 menit, Ni Putu Nindia Dewanti Suryantari dengan jelas dan terstruktur menjelaskan tentang penggunaan media komunikasi visual dalam penerangan metode pembelajaran di SMA TP 45 Denpasar. Dengan dukungan data empiris dan teori yang kuat, presentasi tersebut memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana media visual dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah atas.
![]()
Setelah sesi pemaparan, ujian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan penguji. Dewan penguji yang hadir terdiri dari para pakar di bidang ilmu komunikasi dan pendidikan, antara lain Dr. I Nyoman Alit Putrawan, S.Ag.,M.Fil.H (selaku pembimbing), Dr. Dewa Ketut Wisnawa, S.Sn.,M.Ag, Dr. Drs. I Wayan Wirta, M.Si, dan Dr. Drs. I Wayan Sukabawa, S.Ag., M.Ag. Diskusi yang terjadi memberikan kontribusi berharga dalam memperkaya pemahaman tentang peran media komunikasi visual dalam konteks pembelajaran di sekolah.
Ujian tersebut berlangsung di ruang ujian Program Magister Ilmu Komunikasi Hindu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Dengan suasana yang penuh semangat dan kolaboratif, ujian seminar hasil penelitian ini berhasil menciptakan platform untuk berbagi pengetahuan dan ide di antara para akademisi dan praktisi komunikasi.
Sebagai penutup, keberhasilan Ni Putu Nindia Dewanti Suryantari dalam menjalani ujian seminar hasil penelitian ini merupakan bukti dari dedikasi dan komitmen terhadap pengembangan ilmu komunikasi dan pendidikan. Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif di sekolah, serta menjadi inspirasi bagi penelitian lebih lanjut dalam bidang ini.
