PAPARKAN PEMENTASAN SENI TOPENG BONDRES I GUSTI ANANJAYA RAIH GELAR DOKTOR ILMU AGAMA KE -108

PAPARKAN PEMENTASAN SENI TOPENG BONDRES I GUSTI ANANJAYA RAIH GELAR DOKTOR ILMU AGAMA KE -108

Badan Perwakilan Pascasarjana, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, pada selasa 17 Mei 2022, kembali lagi mencetak Doktor Ilmu Agama.

Dengan Disertasi berjudul “Pementasan Seni Topeng Bondres Sebagai Media Penyuluhan Agama Hindu Kementerian Agama di Bali”. Promovendus, I Gusti Ngurah Ananjaya dinyatakan lulus dalam sidang terbuka promosi Doktor Ilmu Agama, Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Ujian terbuka dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 038 Tahun 2022. Sidang terbuka dipimpin oleh Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati., M.Ag yang merupakan Direktur Pascasarjana. Dalam sidang terbuka tersebut, promovendus memaparkan Disertasi di depan Dewan Penguji, diantaranya :

Prof Dr. Drs I Made Suada., M.A.,  Prof. Dr. Drs. I Nyoman Suarka., M. Hum., Prof. Dr. Drs. I Nengah  Lestawi., M. Si., Prof. Dr. Drs. I Nyoman Linggih., M. Si, Dr. Ida Ayu Tary Puspa., M. Par, Dr. Drs. I Made  Sugata.,M. Ag.,  Dr. Drs. I Wayan Sugita., M. Si. dan Dr.I Nyoman Subagia,  S. Ag., M. Ag.

Promovendus kelahiran 1974 ini memaparkan bahwa : Pementasan seni topeng bondres sebagai media penyuluhan Agama Hindu, diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang integral dalam kehidupan Agama Hindu di Bali, dimana Agama Hindu merupakan roh atau jiwa dari seni budaya. Dengan seni topeng, penyampaian ajaran agama dapat lebih komunikatif dan inovatif. Umat hindu tidak merasa terbelenggu oleh kesan penyuluhan konvensional, akan tetapi lebih merasa menonton atau sebagai hiburan. Seni Topeng Bondres disinyalir mampu meningkatkan sradha bhakti umat dan juga memperluas ruang pentas bagi topeng bondres. Disamping itu dengan Seni Topeng Bondres dapat memperdalam serta menambah wawasan atau memperluas ruang kreatifitas bagi para Penyuluh Agama.

Promovendus yang  berprofesi sebagai ASN Penyuluh Agama Hindu di Kementerian Agama Kabupaten Karangasem ini, berhasil menjawab setiap pertanyaan dari Dewan Penguji satu persatu dengan lugas, sehingga dirinya berhak meraih gelar Doktor dengan predikat Sangat Memuaskan dan merupakan Doktor ke-108 pada UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Atas raihan gelar Doktornya, Direktur Pascasarjana, Kaprodi, beserta jajarannya mengucapkan selamat dan sukses. Ini diharapkan menjadi acuan bagi karyasiswa lain agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Demikian juga promovendus, usai mempertahankan disertasinya menyampaikan terima kasih kepada Promotor, Kopromotor, Dewan Penguji dan keluarga tercinta. Promovendus bertekad akan menyempurnakan penelitian yang sarat akan unsur seni  dan budaya ini, agar bisa dikembangkan serta bermanfaat bagi Kementerian agama dan Masyarakat Hindu.  (1290 )