PROMOSI DOKTOR PROGRAM DOKTOR ILMU AGAMA : I GUSTI MADE WIDYA SENA

PROMOSI DOKTOR PROGRAM DOKTOR ILMU AGAMA : I GUSTI MADE WIDYA SENA

Badan Perwakilan Pascasarjana (BPPS) Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar pada hari Rabu, 26 Agustus 2020 menyelenggarakan sidang khusus dengan agenda Ujian Terbuka Disertasi Promosi Doktor Ilmu Agama atas nama I Gusti Made Widya Sena bertempat di Auditorium Pascasarjana. Sidang khusus ini dipimpin oleh Wakil Direktur Program Pascasarjana Institut Hindu dharma Negeri Denpasar Dr. I Nyoman Yoga Segara, S.Ag.,M.Hum

Adapun judul disertasi yang berhasil dipertahankan dihadapan Dewan Penyanggah yakni AJARAN ANANDA MARGA YOGA PADA ASHRAM DI BALI: PERSPEKTIF FILSAFAT YOGA.

Dalam presentasinya Promovendus memaparkan bahwa di balik gemerlapnya fenomena sosial yang cenderung sekuler, hedonis dan pragmatis terdapat fenomena yang menarik dalam melawan rasionalisasi itu, yakni munculnya berbagai komunitas spiritual seperti organisasi dan ashram yoga di Bali. Hadirnya berbagai ashram atau yoga centre di Bali merupakan bentuk kerinduan umat kepada Tuhan. Salah satunya adalah Ananda Marga Yoga Bali. Ananda Marga Yoga sebagai salah satu wadah pengembangan diri yang lengkap dan komprehensif hingga kini telah menerapkan praktik yoga sebagai bentuk sadhana. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut di atas maka terdapat tiga masalah dalam penelitian ini, yakni: 1) Bagaimana Sistem Pembelajaran Yoga dalam Ajaran Ananda Marga Yoga di Bali? 2) Bagaimana Konsep Filsafat Yoga di Ananda Marga Yoga Bali? 3) Apa Implikasi Ajaran di Ananda Marga Yoga Bali bagi Komunitas?

Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: teori semiotika komunikasi, teori praktik dan teori kesadaran diri. Penelitian ini dirancang sebagai sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan filsafat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti: observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan sistem pembelajaran yoga di Ananda Marga Yoga terdiri dari tiga metode yakni: metode ceramah, metode demonstrasi dan metode diskusi. Konsep ajaran filsafat Ananda Marga terdiri dari dua filsafat, yakni: filsafat spritual dan filsafat sosial. Implikasi ajaran Ananda Marga Yoga bagi komunitas antara lain: meningkatkan kesehatan jasmani, membangun refleksi diri, meningkatkan kesadaran spiritual dan memelihara keharmonisan hidup. Temuan penelitian dalam penelitian ini ada tiga yakni: Ajaran Ananda Marga mengadopsi ajaran aûþaòga yoga Sutra Patanjali. Kedua, Sutra Patanjali menekankan pada aspek moral dan intelektual sedangkan di Ananda Marga selain kedua aspek tersebut juga dilengkapi dengan aspek spiritual. Ketiga, jalan tengah yang ditawarkan dalam Ananda Marga merupakan jalan keseimbangan pengetahuan antara dunia material dan spritual.

Dalam penelitian Ajaran Ananda Marga Yoga Pada Ashram Di Bali: Perspektif Filsafat Yoga, dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut:

  1. Kepada institusi yang berbasis Hindu agar dapat lebih mendalami kajian-kajian yang berkaitan dengan filsafat dan praktik yoga pada komunitas lokal.
  2. Kepada pemerintah agar lebih memperhatikan keberadaan yoga center dan ashram yoga sebagai pusat pengembangan moral, fisik dan spritual.
  3. Kepada para peneliti agar lebih giat untuk mengadakan kajian penelitian tentang filsafat dan praktik yoga pada komunitas lokal.
  4. Bagi masyarakat hendaknya tetap dapat menjaga keberlangsungan hidup dengan senantiasa menjaga kesehatan fisik dan psikis melalui pembelajaran yoga yang benar.