SEORANG DOSEN STAH MPU KUTURAN SINGARAJA RAIH GELAR DOKTOR DI UHN IGB SUGRIWA DENPASAR

SEORANG DOSEN STAH MPU KUTURAN SINGARAJA RAIH GELAR DOKTOR DI UHN IGB SUGRIWA DENPASAR

DENPASAR-UHN SUGRIWA, Mengangkat Penelitian berjudul “Mpu Kuturan Dalam Tradisi Teks di Bali” yang dipaparkan pada Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Agama Pascasarjana Universitas Hindu Negeri UHN IGB Sugriwa Denpasar, I Nyoman Suka Ardiyasa Nim: 1834161004 yang kesehariannya merupakan seorang Dosen pada Sekolah Tinggi Agama Hindu STAH Mpu Kuturan Singaraja dan masih tergolong belia ini berhasil mengundang perhatian para undangan pada ujian yang berlangsung Kamis 27/4/2023 di Gedung Pascasarjana Jln.Kenyeri No 57 Denpasar.

Sidang Promosi Doktor secara hybrid ini dipimpin langsung oleh Ketua sidang yang sekaligus sebagai Direktur Program Pascasarjana Prof. Dr. Dra. Relin D.E., M.Ag. dan sebagai Dewan Penguji yaitu: Prof. Dr. Drs. I Made Surada, M.A. ( Promotor), Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma.,M.S. (Ko Promotor), hadir penguji secara daring Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si. dan penguji secara luring Prof. Dr. I Wayan Rasna, M.Pd., Prof. Dr. Dra. Ni Ketut Srie Kusuma Wardhani, M.Pd., Dr. Made Sri Putri Purnamawati, S.Ag.,M.A.,M.Erg. dan Dr. Drs. I Wayan Sugita,M.Si., dan Dr. I Nyoman Alit Putrawan, S.Ag., M.Fil.H.

Promovendus memaparkan penelitiannya dihadapan Dewan Penguji secara lugas dan cekatan. Dipaparkannya Tokoh Mpu Kuturan menjadi perbincangan hangat oleh para cendekiawan karena merupakan tokoh sentral dalam menata kehidupan masyarakat Bali baik dibidang religi dan sistem sosio kultural dalam berbagai naskah dijumpai berbagai aspek ideologi seperti ideologi sebagai seorang arsitek, peng-usadha, ahli pertanian, seorang raja,nama tempat, nama golongan atau keturunan. Implikasi pemikiran Mpu Kuturan bagi umat Hindu di Bali dapat dijumpai pada sistem teologi masyarakat Bali, sistem sosial yang meliputi Desa pakraman dan sistem subak, serta sistem tata ruang pulau Bali sehingga terbangun taksu Bali yang diwarisi hingga kini.

Kesigapan yang tepat dari Promovendus berhasil menjawab setiap pertanyaan dari Dewan Penguji sehingga berakhirnya Ujian mampu mengantarkan Promovendus meraih gelar Doktor dengan Predikat “Sangat Memuaskan” dan merupakan Doktor yang ke- 123 pada UHN IGB Sugriwa (nia).

Pascasarjana-Uhnsugriwa