UHN IGB Sugriwa Gelar "Workshop Penyempurnaan Penyusunan Pedoman Tesis dan Disertasi"

UHN IGB Sugriwa Gelar "Workshop Penyempurnaan Penyusunan Pedoman Tesis dan Disertasi"

Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar melalui Program Pascasarjana, menggelar Workshop Penyempurnaan Penyusunan Pedoman Tesis dan Disertasi. Kegiatan yang dibuka Kamis (21/10) akan digelar selama 3 Hari yakni 21-23 Oktober 2021 di Legian Beach Hotel.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan pada Dosen untuk mendesain pedoman tesis dan disertasi yang baik sehingga nantinya mampu menghasilkan kualitas tulisan yang berdaya saing. Workshop ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Prof. Ir. Linawati, Eng.Sc Ph., dari Unud dengan materi Etika Ilmiah Penulisan Tesis dan Disertasi. Pembicara Kedua yakni Dr. Ir, Retno Indrati, M.Sc., dari UGM dengan Materi Teknik Penulisan Disertasi. Pemateri ketiga yakni Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si., dari Undiksha dengan materi Pedoman Penulisan Tesis.

Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., pada pembukaan workshop menyampaikan kegiatan ini sebagai tanggung jawab untuk menyempurnakan pedoman tesis dan disertasi. Untuk penyempurnaan pedoman tesis dan disertasi ini, pihaknya mendatangkan narasumber yang cukup berkompeten di bidangnya.

Dikatakan Rektor Sudiana, Program Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar  sebenarnya sudah menjadi salah satu ikon kampus yang cukup memberikan gebrakan. Pihaknya  memiliki target agar kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa bisa menuju world class university. Untuk itulah, melalui workshop ini ke depan dengan pedoman tesis dan disertasi  yang sudah disempurnakan, akan bisa menjadin acuan agar bisa menuju world class university.

“Pedoman tesis dan disertasi kalau dilihat dari kebutuhan menuju world class university,  ini menjadi kebutuhan urgent. Oleh karena itu, workshop ini harus dimanfaatkan dengan baik, agar dapat menuju world class university”, kata Rektor Sudiana.

Pihaknya menyampaikan apabila ingin kampus ini menjadi idaman masyarakat, tentu harus terus diperkuat. Oleh karenanya, UHN I Gusti Bagus Sugriwa perlu dorongan dari semua pihak agar kampus ini bisa lebih dikenal. Selain itu dosen -dosen juga harus bisa memberikan dorongan sekuat – kuatnya namun jangan meninggalkan kesan yang tidak baik. Jangan sampai mahasiswa takut bimbingan karena Dosennya. ” Kalau di UHN mudah – mudahan tidak ada, kalau ada tolong diubah supaya mahasiswa tidak trauma,” harapnya.

Sementara ini, Ketua Panitia Workshop Dr. Dra. Ni Nyoman Perni, M.Pd., menyampaikan kegiatan ini diikuti Dosen UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, dosen luar dan alumni yang berjumlah sebanyak 50 orang. Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan dosen untuk bisa mendesai pedoman tesis dan disertasi yang baik sehingga mampu menghasilkan kualitas tulisan yang berdaya saing.

Sumber : Bali Post