Seminar Nasional Prodi Magister Brahma Widya UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar " Internalisasi Nilai - Nilai Moderasi Beragama Pada Mahasiswa Hindu Melalui Ilmu Brahma Widya"

Seminar Nasional Prodi Magister Brahma Widya UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar " Internalisasi Nilai - Nilai Moderasi Beragama Pada Mahasiswa Hindu Melalui Ilmu Brahma Widya"

Kamis, 3 Juni 2021 Prodi Magister Brahma Widya Pascasarjana UHN IGB Sugriwa Denpasar menyelenggarakan webinar nasional dengan Tema ” Internalisasi Nilai – Nilai Moderasi Beragama Pada Mahasiswa Hindu Melalui Ilmu Brahma Widya”.

Bertempat di Gedung Auditorium Pascasarjana UHN IGB Sugriwa, webinar ini dilaksanakan secara daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Acara dibuka Oleh Rektor UHN IGB Sugriwa Denpasar Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. secara online. Seminar nasional ini menghadirkan Tri Handoko Seto Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama R.I. sebagai Key Note Speaker, dan dua narasumber yaitu Koordinator Staff Khusus Presiden Dr. A.A.G.N. Ari Dwipayana, SIP., M.Si. dan Guru Besar Undiksha Prof. Dr. Nengah Bawa Atmadja, M.A.

Dr. I Gede Suwantana, M.Ag selaku Ketua Panitia Seminar menjelaskan ada tiga tujuan dari diadakannya webinar ini yaitu :

  1. Meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap nilai – nilai moderasi beragama
  2. Mengetahui Teknik bagaimana menginternalisasi nilai – nilai moderasi bergama tersebut dan mengaplikasikannya ke dalam masyarakat
  3. Membedah secara kritis bagaimana ilmu Brahma Widya memberikan kontribusi tentang nilai – nilai moderasi beragama

Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. selaku Rektor UHN IGB Sugriwa Denpasar mengungkapkan agar dapat mewujudkan moderasi bergama khusunya di lingkungan perguruan tinggi dimana hal ini juga berkaitan dengan program kementerian agama “Membuat Rumah Moderasi Bergama”, dilatarbelakangi hal tersebut UHN I Gusti Bagus Sugriwa (yang saat itu masih IHDN Denpasar) pada tanggal 21 april 2018 mendeklarasikan diri sebagai ikon kampus kerukunan pertama di Indonesia yang diikuti dan dideklarasikan oleh 17 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Moderasi Bergama tidak hanya diwujudkan dalam rumah moderasi tetapi juga diaplikasikan agar moderasi bergama itu dapat  memelihara kerukunan baik didalam maupun diluar kampus.

Mahasiswa atau Karyasiswa sebagai salah satu pionir dalam mewujudkan moderasi bergama diaharapkan dapat menggali dan menerapkan nilai – nilai moderasi bergama yang didapat dari kitab suci masing – masing. Apalagi dalam Hindu terdapat banyak nilai moderasi bergamadimana salah satunya adalah ajaran Tat Twam Asi yang telah mendunia. Kendati demikian masih banyak nilai – nilai moderasi bergama yang terdapat dalam kitab suci Weda dan lontar bali yang masih sangat perlu untuk digali kembali.

Dengan diselengarakannya webinar ini diharapkan UHN IGB Sugriwa Denpasar dapat sebagai contoh dalam menerapkan moderasi beragama dengan baik dan benar tidak hanya dilingkungan kampus tapi juga didalam masyarakat.

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Dr. Tri Handoko Seto, S.Si., M.Sc. mengatakan kegiatan webinar ini  diharapkan mampu meningkatkan literasi karena ketika berbicara moderasi bergama kuncinya adalah literasi tanpa adanya literasi maka moderasi yang didorong dan digembar – gemborkan menjadi moderasi yang semu karena tidak memahami apa yang sesungguhnya yang menjadi persoalan dalam hubungan antar umat bergama.

Prodi Magister Brahma Widya memiliki posisi yang  sangat strategis dalam meningkatkan literasi para mahasiswanya dengan memberikan pendidikan, pengajaran, contoh – contoh moderasi kepada mahasiswanya. Lebih dari itu ” Saya berharap agar Prodi Magister Brahma Widya menjadi lokomotif untuk membawa gerbong  umat kita menuju moderasi bergama yang berkualitas dengan dilandasi pemahaman literasi yang sangat baik terhadap persoalan – persoalan di dalam maasyarakat,” ujarnya.