PROMOSI DOKTOR PROGRAM DOKTOR ILMU AGAMA : KETUT MANDIA

PROMOSI DOKTOR PROGRAM DOKTOR ILMU AGAMA : KETUT MANDIA

Rabu, 15 September 2021 Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menggelar Ujian Terbuka atas nama I Ketut Mandia. Sidang diketuai oleh Prof. Dr. Dra. Relin D.E,M.Ag, sebagai Promotor adalah Prof. Dr. I Made Surada, M.A, dan sebagai Kopromotor, Dr. Drs. I Madc Girinata, M.Ag. Kemudian para Dewan Penguji adalah Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana,M.Si., Dr. Drs. I Wayan Mandra, M.Hum., Dr. Drs. I Wayan Mandra, M.Hum., Dr. I Gede Sutarya, SST.,Par.,M.Ag., Dr. Drs. I Nyoman Ananda, M.Ag., Dr. Drs. I Wayan Sugita, M.Si., Dr. Made Sri Putri Purnamawati, S.Ag., M.A., M.Erg.

Diusianya yang sudah tidak muda lagi, Bapak Ketut Mandia berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul KAJIAN TEOLOGI HINDU DALAM GEGURITAN NI DYAH ANGGRENI di hadapan Dewan Penguji dan menjadi Doktor Ilmu Agama ke 96  Pascasarjana UHN IGB Sugriwa Denpasar dengan predikat Memuaskan.

Dalam Disertasinya Promovendus memaparkan hasil penelitiannya sebagai berikut :

Geguritan Ni Dyah Anggreni merupakan salah satu karya sastra, jenis tutur dalam menjunjung sikap kesetiaan dan keyakinan terhadap Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa). Pada Gaguritan Ni Dyah Angreni diawali dengan sikap kontradiktif pada tokoh utama dibandingkan dengan alur terhadap sumber pada umumnya, serta ajaran tentang filsafat ketuhanan dalam sifatnya sebagai saguna brahman dan nirguna brahman.

Penelitian ini dipandang penting karena ada penelitian sebelumnya menekankan analisis pada nilai pendidikan sedangkan pada penelitian ini akan membedah aspek teologi dibalik patung Drona yang diyakini oleh Bambang Ekalawya sebagai sumber utama keberhasilannya menjadi pemanah yang hebat.

Ajaran yang terkandung dalam geguritan Ni Dyah Angreni:

  1. Ajaran Satya dalam Geguritan Ni Dyah Angreni
  2. Ajaran Guru Bhakti
  3. Ajaran Brahmacari
  4. Ajaran Sradha Bhakti
  5. Ajaran Pendidkan Budi Pekerti

Ajaran Teologi Dalam Geguritan Ni Dyah Anggreni

  1. Konsep Saguna Brahman
  2. Konsep Nirguna Brahman
  3. Implikasi Geguritan Ni Dyah Anggreni Bagi Kehidupan Masyarakat

Penelitian ini diharapkan bisa memberikan wawasan bagi seluruh pembaca, khususnya terkait dengan geguritan Ni Dyah Angreni yang terdapat dalam teks sloka. Dapat memberikan kontribusi dan memiliki kegunaan bagi pengembangan konsep Agama Hindu khususnya dalam ajaran kesusastraan Hindu. Selain itu manfaat lain dari penelitian ini :

  1. Bagi peneliti ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi atau sebagai referensi dalam menambah pengetahuan tentang aspek ajaran teologi Hindu.
  2. Bagi masyarakat dapat menggugah kesadaran umat Hindu untuk meningkatkan diri dengan cara mempelajari ajaran Agama Hindu dengan benar.
  3. Bagi lembaga hendaknya menyampaikan kepada masyarakat tentang nilai – nilai ajaran yang terkandung dalam Gaguritan Ni Dyah Angreni.