PROMOSI DOKTOR PROGRAM DOKTOR ILMU AGAMA : I NYOMAN KIRIANA

PROMOSI DOKTOR PROGRAM DOKTOR ILMU AGAMA : I NYOMAN KIRIANA

Jumat, 29  Januari 2021, Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa menyelenggarakan Ujian Terbuka Desertasi Promosi Doktor Ilmu Agama atas nama I Nyoman Kiriana, adapun judul desertasi yang dibawakan yaitu Hibriditas Siwa Buddha Dalam Upacara Tawur Kesanga Di Bancingah Agung Pura Besakih. Bertempat di Auditorium Pascasarjana, sidang khusus ini dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Prof. Dr. Dra. Relin D.E., M.Ag, kegiatan ini dihadiri peserta yang berjumlah kurang dari 25 orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Secara umum penelitian ini bertujuan mengeksplorasi lebih dalam keberadaan Śiwa-Buddha yang hidup berdampingan di Bali. Lebih lanjut penelitian ini bertujuan memberikan gambaran umum tentang realisasi Śiwa-Buddha dalam upacara tawur kasanga di Bancingah Agung  pura Besakih. Sedangkan secara khusus, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali kausalitas yang melatar belakangi sehingga Śiwa-Buddha yang  hidup berdampingan di Bali dan untuk menemukan bentuk hibriditas Śiwa-Buddha pada upacara tawur kasanga di Bancingah Agung pura Besakih, serta untuk menganalisis implikasi hibriditas Śiwa-Buddha pada upacara tawur kasanga di Bancingah Agung pura Besakih bagi umat Hindu di Bali.

Secara teoretis hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai panutan toleransi dalam hidup berdampingan  secara harmonis, dan secara praktis diharapkan hasil penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan tentang Śiwa-Buddha di Bali sekaligus memberi sumbangan untuk pengetahuan masyarakat.