PROMOSI DOKTOR ILMU AGAMA : I NYOMAN SUDIARTA RAIH GELAR DOKTOR KE-106 DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE

PROMOSI DOKTOR ILMU AGAMA : I NYOMAN SUDIARTA RAIH GELAR DOKTOR KE-106 DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE

DENPASAR,PASCASARJANA-UHNSUGRIWA-Badan Perwakilan Pascasarjana (BPPS) Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar pada hari Rabu, 6 April 2022 menyelenggarakan sidang khusus dengan agenda Ujian Terbuka Disertasi Promosi Doktor Ilmu Agama atas nama I Nyoman Sudiarta bertempat di Auditorium Pascasarjana. Sidang khusus ini dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana UHN Sugriwa Denpasar Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati., M.Ag.

Adapun judul disertasi yang berhasil dipertahankan dihadapan Dewan Penyanggah yakni PENGELOLAAN DAYA WISATA TANAH LOT BERBASIS TRI HITA KARANA DI DESA ADAT BERABAN KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN TABANAN.

Promovendus yang lahir di Tabanan 22 Februari 1973 ini, bisa melaksanakan Ujian Terbuka setelah menyelesaikan Ujian Tertutup pada Senin, 21 Februari 2022 lalu. Ujian terbuka dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 541 Tahun 2022.

Promosi Doktor Ilmu Agama I Nyoman Sudiarta

Ia berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan Dewan Penguji diantaranya : Prof. Dr. Drs. Ketut Sumadi, M.Par, Dr. Made Sri Putri Purnamawati, S.Ag., M.A., M.Erg, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., Dr. Drs. I Made Girinata, M.Ag., Dr. I Gede Sutarya, SST. Par.,M.Ag., Dr.Dra. Ida Ayu Tary Puspa, S.Ag., M.Par, Dr. Drs. Ida Bagus Gede Candrawan, M.Ag., dan Dr. I Nyoman Subagia, S.Ag.,M.Ag.

Dalam presentasinya Promovendus memaparkan bahwa Tri Hita Karana menjadi landasan pembangunan daerah Bali sejak 1969 termasuk Pembangunan Di Bidang Pariwisata. Pengelolaan Daya Tarik Wisata Tanah Lot dalam mengimplementasikan Tri Hita Karana masih kurang maksimal baik menyangkut aspek parahyangan, pawongan maupun pelemahan. Untuk itu diharapkan platform Tri Hita Karana yang dijadikan dasar pijakan dalam pengelolaan Daya Tarik Wisata harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan sehingga mampu menyinergikan kearifan lokal terutama pengelolaan Daya Tarik Wisata di dalam proses pembangunan sehingga nantinya dapat mensejahterakan masyarakat.

Promovendus pun menjawab setiap pertanyaan dari Dewan Penguji satu persatu dengan lugas, sehingga dirinya berhak meraih gelar Doktor dengan Predikat Dengan Pujian Atau Cumlaude dan menjadi Doktor Ilmu Agama UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar yang ke 106.

Atas  gelar Doktor yang diraih, Direktur Pascasarjana, Kaprodi, beserta jajaran lainnya mengucapkan selamat dan sukses. Ini diharapkan menjadi acuan bagi Karyasiswa lain agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu.

Promovendus usai mempertahankan disertasinya,mengucapkan terima kasih kepada Promotor, Kopromotor, Dewan Penguji dan keluarga tercinta. Dirinya bertekad akan menyempurnakan penelitian ini agar bisa dikembangkan dalam  bentuk  buku sehingga bermanfaat bagi umat  Hindu, budaya dan  dunia pariwisata.