PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI MAGISTER BRAHMA WIDYA UHN SUGRIWA DENPASAR "ORIENTASI KEPEMANGKUAN DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN DAN KESADARAN SPIRITUAL MENUJU PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI PASRAMAN BALA AGA KERTHI DESA CELUK KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR"

PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI MAGISTER BRAHMA WIDYA UHN SUGRIWA DENPASAR "ORIENTASI KEPEMANGKUAN DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN DAN KESADARAN SPIRITUAL MENUJU PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI PASRAMAN BALA AGA KERTHI DESA CELUK KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR"

DENPASAR, PASCASARJANA-UHNSUGRIWA- Prodi Magister Brahma Widya Pascasarjana Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar mulai melaksanakan pengabdian masyarakat, pada hari Minggu (17/4/2022). Kegiatan berupa Orientasi KepemangkuanDalam MeningkatkanKesehatan Dan Kesadaran Spiritual Menuju Penguatan Moderasi Beragama Di Pasraman Bala Aga Kerthi Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar ini dibuka oleh Ketua Pasraman Ida Bagus Ketut Suarjata.,S.Fil , Kegiatan juga dihadiri oleh Ketua Panitia Pengabdian Dr. Drs. I Made Sugata, M.Ag, Ketua Program Studi Magister Brahma Widya Dr. I Gusti Made Widya Sena, S.Ag.,M.Fil.H serta didampingi oleh dosen home base dan perwakilan mahasiswa Program Studi Magister Brahma Widya

Dijelaskan Dr. Drs. I Made Sugata, M.Ag, pengabdian dilaksanakan dari bulan april hingga bulan mei mendatang. “Pengabdian ini mengambil kegiatan inti yaitu Orientasi KepemangkuanDalam MeningkatkanKesehatan Dan Kesadaran Spiritual Menuju Penguatan Moderasi Beragama Di Pasraman Bala Aga Kerthi Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pemaparan materi oleh para narasumber mengenai substansi pemahaman Teologi Hindu, Acara Agama Hindu, Etika dan Praktik Kepemangkuan, Yoga Kepemangkuan dan Moderasi Beragama ” jelasnya.

Tujuan dari pengabdian ini, lanjutnya adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Hindu, khususnya bagi para Pinandita sehingga dapat membuka wawasan pinandita dengan harapan mendapat pemahaman tentang ajaran agama Hindu secara lebih mendalam dan komprehensif khususnya dalam hal Teologi Hindu, Moderasi Beragama, Yoga, Acara agama Hindu dan Praktik Kepemangkuan guna meningkatkan kesehatan lahir dan batin.

Mengingat pengabdian dilaksanakan di tengah situasi Pandemi, maka pelaksanaannya tetap menerapkan Protokol Kesehatan dengan cara pembatasan jumlah peserta kegiatan. Selain itu peserta diingatkan untuk mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Kegiatan ini pun disambut sangat baik oleh seluruh komponen di Pasraman Bala Aga Kerthi dan permintaan model pengabdian seperti ini tidak hanya tahun ini saja diselenggarakan namun juga dapat dilanjutkan secara berkelanjutan.