PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KONSERVASI DAN KATALOGISASI NASKAH LONTAR

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KONSERVASI DAN KATALOGISASI NASKAH LONTAR

Program Studi Magister Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada tanggal 28 April s/d 10 Juni 2021. Bertempat di Gria Sunia Desa Werdi Bhuana Kecamatan Mengwi Badung kegiatan pengabdian kali ini mengambil tema ” Konservasi dan Katalogisasi Lontar”.

Dewasa ini keberadaan budaya Bali kian mengalami kemerosotan yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena adanya pengaruh budaya global, pariwisata, serta kemajuan IPTEK, yang tanpa diiringi kemampuan filtrasi budaya yang memadai khususnya oleh masyarakat Bali. Banyak warisan leluhur yang mulai ditinggalkan oleh pewarisnya, khususnya naskah lontar yang memuat tentang pengetahuan-pengetahuan leluhur sebagai warisan intlektual masyarakat Bali khususnya.

Permasalahan yang lain adalah tidak banyak masyarakat Bali saat ini bisa membaca an menulis aksara Bali, sehingga keinginan untuk mempelajari isi dari naskah lontar tidak ada. Ada banyak masyarakat yang memiliki naskah namun karena tidak pernah dibaca sehingga hanya menjadi tumpukan barang antik saja, dan juga hanya dihaturkan sesajen pada waktu tertentu misalnya hari raya Saraswati. Tidak adanya keinginan untuk membaca dikarenakan : (1) tidak bisa membaca aksaranya, (2) tidak memahami arti dan makna bahasanya, dan (3) takut karena dikatakan bisa menyebabkan gila.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat dilakukan berbagai pemecahan masalah sebagai berikut:

  1. Memberi pemahaman mengenai fungsi dan manfaat membaca pengetahuan yang terdapat dalam naskah lontar;
  2. Memberikan pemahaman tentang tatacara merawat naskah lontar.