Jero Reni Kusumawati Sukses Raih Gelar Doktor Ilmu Agama ke-110 di UHN IGB Sugriwa Denpasar

Jero Reni Kusumawati Sukses Raih Gelar Doktor Ilmu Agama ke-110 di UHN IGB Sugriwa Denpasar

KBRN,Denpasar: Berbekal kegigihan serta tekad yang kuat untuk segera menyelesaikan studi Doktor Ilmu Agama di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Ni Nyoman Reni Kusumawati berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul “Pengelolaan Daya Tarik Wisata Alam Bukit Surga Nampo Berlandaskan Tri Hita Karana Di Desa Jungutan Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem”, dalam sidang ujian terbuka di Aula Kampus setempat pada Jumat (3/6/2022).

Didepan para dosen penguji, Reni Kusumawati memaparkan hasil penelitiannya terhadap pengelolaan Daya Tarik Wisata Alam Bukit Surga Nampo di kabupaten Karangasem.

Dibawah bimbingan Promotor Prof. Dr. Drs. Ketut Sumadi, M.Par dan Kopromotor Prof. Dr.Dra Relin D.E.,M.Ag , Reni Kusumawati yang akrab dipanggil Jero Reni menjelaskan hasil penelitiannya terhadap objek wisata Alam Bukit Surga Nampo di kabupaten Karangasem meliputi Bentuk pengelolaan berbasis kewirausahaan, partisipasi masyarakat sekitar dan alam lingkungan pada hakekatnya mampu meningkatkan kesejahteraan taraf hidup para wirausahawan dan stake holder.

Selain itu menurut Jero Reni proses pengelolaan yang diawali adanya keinginan akan supply produk maupun jasa yang ditawarkan kepada wisatawan disamping adanya demand terhadap aktivitas, waktu dan harga produk yang sejalan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan serta pengelolaan diawali dengan pembentukan ritual keagamaan agar diperolehnya keamanan dan keselamatan.

Istri dari Fendi Pratama Jaya,S.Ab.,RFP dan ibunda dari Fajar Pebriadi Kusumah,S.T , Gahani Purnamawati,S.E, Hartani Devi Pertiwi,S.Ikom dan Hartati Tri Tunggal Jayanti ini menambahkan, implikasi pengelolaan berlandaskan Tri Hita Karana yang menerapkan aspek parahyangan, palemahan dan pawongan sebagai penguatan nilai religiusitas, nilai sosial dan kepedulian terhadap alam lingkungan, peningkatan rasa bhakti dan ke-sraddha-an terhadap Tuhan, dan membangun kerjasama yang harmonis pada masyarakat sekitar.

Direktur Pasca Sarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Prof. Dr.Dra Relin D.E.,M.Ag menyampaikan apresiasi atas dikukuhkannya Ni Nyoman Reni Kusumawati sebagai Doktor Ilmu Agama ke -110.

Prof. Relin berharap hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemerintah khususnya untuk menarik wisatawan asing yang mulai menggeliat. Dikatakan, dengan adanya hasil penelitian ini masyarakat semakin tahu pentingnya pariwisata yang ada di Bali tidak meninggalkan daya tarik yang sifatnya spiritual tetapi ada nilai lebih yaitu mengutamakan religiusitas.

“ Sehingga para toris baik itu international maupun nasional lebih menghargai, menghormati tempat-tempat wisata yang ada di Bali sehingga tidak ada pelecehan simbul dan lain sebagainya dengan adanya tulisan-tulisan yang dihasilkan oleh para Doktor yang terkait daya tarik wisata,” ucapnya.

Dengan lahirnya Doktor baru ini juga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk segera menyelesaikan studinya dengan karya-karya tulisan dengan beragam tema.  

Sumber : rri.co.id